Selamat Datang di LINTAU : Nagari yang Dokek di Jaghi

Lintau merupakan sebuah daerah di Kab. Tanah Datar yang terdiri atas dua Kecamatan, yaitu : 1. Kec. Lintau Buo Utara, terdiri atas 5 nagari, yaitu Nagari Batu Bulek, Tanjuang Bonai, Balai Tongah, Topi Selo dan Nagari Lubuak Jantan. 2. Kec. Lintau Buo, terdiri atas 4 nagari, yaitu Nagari Buo, Pangian, Tigo Jangko dan Toluak. Terletak pada ketinggian antara 200 hingga 400 m di atas permukaan laut. Curah hujan di wilayah kecamatan ini rata-rata 172,06 mm3 per tahun dan merupakan daerah bayang-bayang hujan
Website : www.lintau.info | email : info@lintau.info | Kamus Lintau : kamus.lintau.info

Kekeringan Masih Melanda, Lintau Darurat Air

Ribuan masyarakat di sembilan nagari di kawasan Lintau, kini mulai memasuki tahap darurat air. Selain menyebabkan gagalnya pertanian, perikanan, dan peternakan, kekeringan juga mengakibatkan krisis air untuk keperluan rumah tangga.

“Kondisi kekeringan ini benar-benar sudah pada tahap memprihatinkan. Air sulit didapat karena tersumbatnya jaringan irigasi Batang Sangki I dan Batang Sikakau. Kondisinya kian rumit karena hujan tak kunjung turun,” ujar Sekretaris Nagari Pangian Novarisman, menjawab Simggalang, Selasa (31/1) di ruangan kerjanya.

Dikatakan, guna memenuhi kebutuhan air untuk keperluan rumah tangga, kini masyarakat Pangian dan sejumlah nagari lainnya di Lintau Buo dan Lintau Buo Utara sudah membeli air kepada pedagang yang menggunakan kendaraan jenis pick up.

Satu mobil pick up dengan dua tengki air ukuran sedang, dijual para pedagang dengan harga Rp75 ribu. Membeli air itu, hanya dapat dilakukan oleh warga berekonomi kuat, sementara masyarakat ekonomi menengah ke bawah harus rela mengambil air ke Batang Sinamar untuk memenuhi kebutuhan mandi, cuci, dan keperluan rumah tangga lain.

Beberapa pekan belakangan, pemerintah memang sudah mulai turun tangan membantu. Mengingat jumlah penduduk yang terbilang padat, serta sebaran pemukiman warga yang cukup luas, bantuan air bersih melalui dua armada kendaraan tersebut hanya menjangkau sebagian kecil warga Lintau yang kesulitan air dengan titik terparah di Nagari Buo, Pangian, Tigo Jangko, dan Taluak. (mus)

Sumber : http://hariansinggalang.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


five − four =