Selamat Datang di LINTAU : Nagari yang Dokek di Jaghi

Lintau merupakan sebuah daerah di Kab. Tanah Datar yang terdiri atas dua Kecamatan, yaitu : 1. Kec. Lintau Buo Utara, terdiri atas 5 nagari, yaitu Nagari Batu Bulek, Tanjuang Bonai, Balai Tongah, Topi Selo dan Nagari Lubuak Jantan. 2. Kec. Lintau Buo, terdiri atas 4 nagari, yaitu Nagari Buo, Pangian, Tigo Jangko dan Toluak. Terletak pada ketinggian antara 200 hingga 400 m di atas permukaan laut. Curah hujan di wilayah kecamatan ini rata-rata 172,06 mm3 per tahun dan merupakan daerah bayang-bayang hujan
Website : www.lintau.info | email : info@lintau.info | Kamus Lintau : kamus.lintau.info

Apel Akbar dan Pawai Ta’ruf LDS Kecamatan Lintau Buo Utara

TANAH DATAR, LINTAU.INFO–Kurang lebih 1.700 Santriwan/i dari 86 TPA berkumpul dihalaman Kantor Camat Lintau Buo Utara dalam Apel Akbar LDS (Lembaga Didikan Subuh) Senin Pagi 24/04-17. Acara berlangsung dengan meriah.

Apel Abar ini dibuka Langsung Bupati Tanah Datar Drs.H.Irdinansyah Tarmizi yang didampingi Kabag. Kesra Drs.Afrizon,S.Ag dan rombongan lainnya. Hadir dalam apel tersebut Camat Lintau Buo Utara Drs.Suripto, Kapolsek, Kepala KUA, para guru TPA dan undangan lainnya.

Sebelum sambutan dari Bupati, panitia menampilkan beberapa kebolehan dari satri tersebut, salah satunya penampilan yang memukau dari Da’i cilik yang bernama Zakiya Habibillah dari Jorong Seroja Nagari Lubuk Jantan.

Dalam sambutannya bupati menekankan agar generasi muda sebagai generasi penerus harus hafal Al-quran dan memahami akan isi yang terkandung didalamnya. Dengan kata lain hafiz qur’an itu akan membentengi diri kita dari perbuatan yang tidak baik. Bagi generasi muda kita yang telah hafal al-qur’an mereka akan mempunyai kepribadian yang baik dan tidak akan terpengaruh oleh lingkungan yang tidak baik.

Apalagi sekarang ini Kabupaten Tanah Datar dikenal dengan Kabupaten Tahfiz Al-Qur’an dan ini sudah menjadi program utama. Kepada kedua orang tua santri, guru mengaji jangan ragu-ragu untuk melatih anak-anak kita untuk menghafal alqur’an, baik di Masjid, Surau/Mushalla maupun dirumah.

“Saat ini memang sulit untuk mencari generasi kita yang bias hafal al-qur’an 30 Juz. Pemerintah telah bekerja sama dengan Perguruan Tinggi yang ada di Sumbar ini untuk bisa menerima anak-anak yang hafal al-qur’an di Perguruan Tinggi tersebut. Bahkan jika ada diantara anak-anak kita hafal 30 Juz satu orang pa dan satu orang pi, maka Pemerintah akan mengumrahkan mereka ketanah suci,” Ujar Bupati dihadapan para santriwan/i.

Dalam kesempatan itu Bupati juga memberikan reward kepada barisan yang paling rapi barisannya sebagai penyemangat bagi mereka. Pada hari itu juga dilantik Pengurus LDS Kecamatan yang baru diketuai oleh Yon Putra.

Terakhir Bupati melepas Pawai Ta’ruf yang didahului barisan dari Nagari Batubulek, dengan rute mulai dari Halaman Kantor Camat Lintau Buo Utara dan finish di Lapangan Bola kaki Cubadak Randah.(Ef)

Editor : [Sandi Sandria]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


six + 14 =