Selamat Datang di LINTAU : Nagari yang Dokek di Jaghi

Lintau merupakan sebuah daerah di Kab. Tanah Datar yang terdiri atas dua Kecamatan, yaitu : 1. Kec. Lintau Buo Utara, terdiri atas 5 nagari, yaitu Nagari Batu Bulek, Tanjuang Bonai, Balai Tongah, Topi Selo dan Nagari Lubuak Jantan. 2. Kec. Lintau Buo, terdiri atas 4 nagari, yaitu Nagari Buo, Pangian, Tigo Jangko dan Toluak. Terletak pada ketinggian antara 200 hingga 400 m di atas permukaan laut. Curah hujan di wilayah kecamatan ini rata-rata 172,06 mm3 per tahun dan merupakan daerah bayang-bayang hujan
Website : www.lintau.info | email : info@lintau.info | Kamus Lintau : kamus.lintau.info

Yayasan Minang Bandung Wisata (MBSata) Kunjungi Wisata Puncak Pato

TANAH DATAR, LINTAU.INFO–Objek Wisata Puncak Pato Marapalam yang terletak di Nagari Batubulek, Kecamatan Lintau Buo Utara mendapat kunjungan yang kedua kalinya dari Yayasan Minang Bandung Wisata (MBSata) hari Minggu, 23 April 2017 kemaren.

Rombongan yang juga didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Sumbar ini berjumlah kurang lebih 50 orang dengan menumpangi dua mobil bus  Pariwisata dan dua mobil pribadi. Yang dipimpin langsung oleh Ketua Yayasan Edy Harmen.

Sebelum menuju Puncak Marapalam, rombongan disambut dan dijamu oleh Bupati Tanah Datar di Indo Jolito. Sebelum menikmati keindahan Panorama Puncak Pato, Rombongan disambut  Oleh Wali Nagari Batubulek Drs. Imran Yasir beserta Ketua BPRN, Ketua Lembaga Unsur, Kepala Jorong, Tokoh Pendidikan, Bundo Kanduang serta Tokoh Masyarakat, serta dinanti dengan suguhan Siriah dalam Carano.

Decak kagum dan terpesona terpancar dari wajah rombongan YMB Sata ini,karena begitu indahnya Pesona Puncak Marapalam yang mereka rasakan. Dalam sambutan singkat yang disampaikan Pimpinan Yayasan Edy Harmen mengatakan bahwa rombongan YMB Sata ini adalah orang Minang yang pernah Kuliah di Bandung. Sekarang ini mereka tersebar di seluruh Nusantara, ada yang di Bandung, Pekanbaru, Jakarta dan lain sebagainya.

Kekaguman yang dirasakan oleh rombongan bukanlah bohong belaka, Karena dari atas Puncak dikejauhan nampak sebahagian Danau Singkarak, Gunung Merapi, Gunung Bungsu dan Gunung Sago.Udaranya sejuk, bahkan tak kalah pentingnya adalah nilai sejarah yang ada di Puncak Marapalam. Yaitunya tempat berasalnya cikal bakal Adat Basandi Syara’,Syara’ Basandi Kitabullah di Alam Minangkabau ini.

“Untuk kedepannya mari kita bersama-sama untuk membangun Puncak Marapalam ini dengan memenuhi prosedur yang telah diatur oleh Undang-undang. Dalam pengelolaan Objek Wiasata ini perlu kita penuhi kriteria yang berhubungan dengan Objek Wisata ini. Seperti air, WC, tempat parkir, kuliner dan lain sebagainya,” Ujar Oni Zulfian yang baru pertama kali menginjakkan kaki di wisata sejarah ini.

Setelah dari Puncak Marapalam, rombongan menuju ke Nagari Tapi Selo meninjau Rumah Tuanku Lintau, Rumah Chairul Saleh dan tempat bersejarah lainnya yang ada di Kec.Lintau Buo Utara Kabupaten Datar.(Ef)

Editor : [Sandi Sandria]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


16 + five =